ABOUT

SEJARAH HARI GAME INDONESIA



Asosiasi Game Indonesia Menyelenggarakan Hari Game Indonesia (HARGAI)


Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama dengan pelaku industri game di Indonesia menyelenggarakan Hari Game Indonesia (HARGAI) pada tanggal 8 Agustus 2016. Event ini merupakan dukungan dari berbagai pengembang, penerbit, solusi pembayaran, boardgame dan media di Indonesia.


HARGAI akan menjadi kegiatan tahunan untuk memberikan wadah kepada pecinta games di Indonesia untuk dapat berpartisipasi, mendukung dan mendorong industri game di tanah air. HARGAI yang akan digelar pada setiap tanggal 8 Agustus ini mendapatkan respon yang sangat positif dan didukung oleh Kemkominfo, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian beserta Google Play.


Asosiasi Game Indonesia (AGI) ingin mengajak kita semua bersama-sama untuk membentuk Hari Game Indonesia (HARGAI) yang bertujuan memberikan penghargaan kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung industri game di Indonesia selama ini. Dan diharapkan juga untuk meningkatkan perhatian masyarakat akan keberadaan pengembang game lokal beserta karya yang mereka buat. Sehingga pemerintah dan pelaku industri ini siap menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri dengan meraih market share lokal tidak kurang dari 50% pada tahun 2020.


Logo Hari Game Indonesia disuguhkan dalam ikon-ikon dengan makna mendalam. Terdapat 4 (empat) ikon dalam logo Hari Game Indonesia yang diadopsi untuk mewakili empat era dari generasi gamer di Indonesia, yaitu: ular tangga, kontroler konsol, mouse dan mobile phone.

  • Board Game. Ular tangga atau snake ladder adalah permainan tradisional yang dimainkan menggunakan papan dan pion. Ikon Permainan yang populer dikalangan masyarakat ini digunakan untuk mewakili generasi babyboomers yang rata-rata telah berusia 52 hingga 72 tahun pada tahun 2016.
  • Kontroler. Konsol adalah generasi game modern awal yang paling populer di Asia dan Indonesia pada pertengahan tahun 80an sampai sekarang. Ikon kontroler konsol pada logo HARGAI dipilih untuk mewakili generasi pada era ini
  • Mouse. PC game yang booming pada tahun 2000an tentunya menjadi fenomena dalam industri hiburan di Indonesia sekaligus membuat industri game, online maupun offline, di tanah air berkembang sangat pesat. Pada era ini pula mulai banyak pengusaha lokal yang berani terjun ke dalam bisnis penerbitan game online di PC. Ikon mouse disematkan dalam logo Hari Game Indonesia untuk mewakili generasi PC gamer
  • Mobile Phone. Sebagai salah satu perangkat yang paling mutakhir dan banyak digunakan oleh banyak kalangan, mobile phone merupakan ikon yang sangat cocok untuk mewakili generasi masa kini. Pengguna mobile phone dapat mengunduh berbagai game dengan mudah sejak diluncurkannya Apple App Store pada tahun 2008